Laporan Praktikum - Pengaruh Cahaya terhadap Pertumbuhan



LAPORAN PRAKTIKUM
PENGARUH CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG TANAH DAN PADI




Ardian, Andre, Asni, Arifah, Athik, Arinda



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Tumbuh dan berkembang merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Adapun pengertian dari pertumbuhan adalah proses pertambahan volume, dan tinggi batang karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel. Sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan atau terspesialisasinya sel sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tetapi dapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan.
Proses pertumbuhan dan perkembangan ditentukan oleh faktor internal (Gen dan hormon) dan faktor eksternal (makanan, air, suhu, kelebaban, oksigen, cahaya).
Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dimulai dengan perkecambahan biji. Kemudian, kecambah berkembang menjadi tumbuhan kecil yang sempurna yang kemudian tumbuh membesar. Setelah mencapai masa tertentu, tumbuhan akan berbunga dan menghasilkan biji.
Berbicara tentang cahaya, tumbuhan juga memerlukan cahaya. Banyak cahaya yang dibutuhkan tidak selalu sama pada setiap tumbuhan. Cahaya juga merangsang pembungaan tumbuhan tertentu.
Cahaya matahari dan air adalah sumber energi utama bagi kehidupan seluruh makhluk  hidup di dunia. Baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan. Dalam hal ini, bagi tumbuhan khususnya yang berklorofil cahaya matahari dan air sangat menentukan proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses dasar pada tumbuhan untuk menghasilkan makanan. Makanan yang dihasilkan akan menentukan ketersediaan energi untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Kekurangan cahaya matahari dan air sangat mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun kebutuhan cahaya tergantung tergantung pada jenis tumbuhan. Klorofil dibuat dari hasil hasil fotosintesis. Tumbuhan yang tidak terkena cahaya tidak dapat membentuk klorofil sehingga daun menjadi pucat. Akan tetapi, jika intensitas cahaya terlalu tinggi, klorofil akan rusak.
Intensitas cahaya dan lama penyinaran dalam fotosintesis berpengaruh pada tumbuhan, terutama pada pertumbuhan vegetatif dan kegiatan reproduksi tumbuhan. Di daerah tropis, lamanya siang dan malam kira kira sama, yaitu 12 jam. Di daerah yang memiliki empat musim, lamanya siang hari dapat mencapai 16 20 jam. Respons tumbuhan terhadap lamanya penyinaran yang bervariasi disebut fotoperiodisme. Respon tumbuhan terhadap fotoperiodik dapat berupa pembungaan, dormansi, perkecambahan, dan perkembangan. Sehingga kami mengambil judul laporan penelitian “Pengaruh Intensitas Cahaya terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau”
B.       Rumusan Masalah
Dengan menggunakan perumusan masalah, dapat mengidentifikasikan persoalan yang diteliti sebagai suatu sasaran yang hendak dicapai. Maka masalah yang dirumuskan dalam percobaan ini adalah :
1.         Apakah cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan biji kacang tanah dan padi?
2.         Bagaimana perbedaan pertumbuhan perkecambahan kacang tanah dan padi di tempat yang gelap dan terang?
3.         Bagaimana pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang tanah dan padi?
C.      Tujuan Penelitian
Kami melakukan penelitian tentang Minat Siswa SMA N 1 Boyolali untuk beribadah ke Masjid Sekolah tentu memiliki tujuan, diantaranya:
1.         Mengetahui apakah cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan biji kacang tanah dan padi.
2.         Mengamati perbedaan pertumbuhan perkecambahan kacang tanah dan padi di tempat yang gelap dan terang.
3.         Mengamati pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang tanah dan padi.
D.      Manfaat Penelitian
1.         Bagi siswa – siswi
Sebagai bahan referensi serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang tanah dan padi dan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan biji kacang tanah dan padi yang diletakan di lingkungan yang berbeda intensitas cahayanya, sehingga menanam kacang tanah dan padi dengan intensitas cahaya yang tepat
2.         Bagi Peneliti
Sebagai salah satu media untuk meningkatkan wawasan serta dapat memberikan pengalaman bagi peneliti tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang tanah dan padi dan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan biji kacang tanah dan padi yang diletakan di lingkungan yang berbeda intensitas cahayanya.
3.         Bagi Akademik
a.         Sebagai pelengkap wacana untuk perpustakaan dan bahan tambahan untuk pengembangan mata pelajaran terkait di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Boyolali.
b.        Sebagai bahan perbandingan dan referensi bagi siswa yang akan mengadakan percobaan pada masalah yang sama.
4.         Bagi Pembimbing Materi
Sebagai sarana untuk dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang materi pertumbuhan biji kacang tanah dan padi.
E.       Sistematika Laporan
JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I        PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
B.       Rumusan Masalah
C.       Tujuan Penelitian
D.      Manfaat Penelitian
E.       Sistematika Laporan
BAB II       LANDASAN TEORI
A.      Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
B.       Pertumbuhan dan Perkembangan Awal
C.       Perkembangan Embrio
D.      Perkecambahan
E.       Faktor – Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan
BAB III     METODE PENELITIAN
A.      Alat dan Bahan
B.       Cara Kerja
C.       Waktu Percobaan
BAB IV     ANALISIS DATA
A.      Hasil Percobaan
B.       Pembahasan
BAB V       PENUTUP
A.      Kesimpulan
B.       Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

BAB II
LANDASAN TEORI
A.      Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan      
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses hidup yang selalu terjadi pada setiap makhluk hidup. Kedua istilah tersebut sering diucapkan untuk pengertian yang sama. Padahal pertumbuhan dan perkembangan memiliki pengertian yang berbeda satu sama lain. Pertumbuhan dapat diartikan sebagai peningkatan ukuran yang bersifat permanent (tetap) dan tidak dapat balik (Irrevisible), sedangkan perkembangan adalah proses perubahan dalam bentuk.
Pada proses pertumbuhan selau terjadi peningkatan volume dan bobot tubuh peningkatan jumlah sel dan protoplasma. Untuk mengukur pertumbuhan tanaman digunakan alat yang.disebut busur tumbuh atau auksanometer. Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan bukan merupakan besaran sehingga tidak dapat diukur. Perkembangan pada tumbuhan diawalai sejak terjadi fertilisasi. Calon tumbuhan akan berubah bentuk dari sebuah telur yang dibuahi menjadi zigot, embrio, dan akhirnya menjadi sebatang pohon yang kokoh atau rumput yang mudah digoyangkan oleh angina. Nama lain proses perkembangan adalah morfogenesis.
Proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diawali dengan aktivitas sintetis bahan mentah (bahan baku) berupa molekul sederhana dan molekul kompleks. Tahapan yang dilalui selama melangsungkan proses tersebut adalah sebagai berikut :
·           Tahap pembelahan sel, yaitu sel induk membelah menjadi beberapa sel anak.
·           Tahap Pembesaran sel, yaitu pembesaran atau peningkatan volume sel anak. Pada sel tumbuhan, peningkatan tersebut biasanya disebabkan oleh penyerapan air kedalam vakuola.
·           Tahap diferensiasi sel, yaitu perkembangan sel anak yang telah mencapai ukuran tertentu menjadi bentuk khusus (terspesialisasi) melalui proses diferensiasi. Pada akhirnya terbentuk jaringan, organ, dan individu. 
B.       Pertumbuhan dan Perkembagan Awal 
Pertumbuhan awal tumbuhan berbiji dimulai dari biji. Biji mengandung potensi yang dibutuhkan untuk tumbuh menjadi individu yang baru, misalnya embrio, cadangan makanan, dan calon daun (calon akar).
Sebutir biji mengandung satu embrio. Embrio terdiri atas radikula (yang akan tumbuh menjadi akar) dan planula (yang akan tumbuh menjadi kecambah). Cadangan makanan bagi embrio tersimpan dalam kotiledon yang didalamnya terkandung pati, protein, dan beberapa jenis enzim. Kotiledon dikelilingi oleh bahan yang kuat, yang disebut testa. Testa berfungsi sebagai pelindung kotiledon untuk mencegah kerusakan embrio dan masuknya bakteri atau jamur kedalam biji. Testa memiliki sebuah lubang kecil, disebut mikropil. Didekat mikropil terdapat hilum yang menggabungkan kulit kotiledon.
Biji memiliki kandungan air yang sangat sedikit. Pada saat biji terbentuk, air di dalamnya dikeluarkan sehingga biji mengalami dehidrasi. Akibat ketiadaan air, biji tidak dapat melangsungkan proses metabolisme sehingga menjadi tidak aktif (dorman). Dormansi biji sangat bermanfaat pada kondisi tidak nyaman (suasana ekstrem, sangat dingin atau kering) karena struktur biji yang kuat akan melindungi embrio agar tetap bertahan hidup. 
C.      Perkembangan Embrio
Embrio berkembang didalam biji. Setelah fertilisasi, zigot mengalami rangakian pembelahan sel. Salah satu dari dua sel yang berasal dari mitosis zigot akan berkembang menjadi embrio asli, sedangkan sel yang lain menjadi bahan awal dari jaringan suspensor.
Embrio didalam bakal biji (ovulum) berkembang menjadi massa bulat yang mengandung ratusan sel. Massa sel tersebut berkembang menjadi jaringan primer dan akhirnya membentuk seluruh jaringan utama tumbuhan dewasa, termasuk kotiledon. Kotiledon berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan perkecambahan (germinasi).
Pada kutub embrio ditemukan dua massa sel yang belum terdiferensiasi, yaitu meristem apical ujung (terminal) dan meristem apical aka. Sel-sel tersebut berada dalam kondisi dorman ketika biji pada masa dorminasi. Setelah biji berkecambah, kedua massa sel tersebut berkembang menjadi daerah pertumbuhan batang dan akar.
Perkembangan embrio terhenti stelah mencapai tahapan tertentu, yaitu saat bakal biji telah menjadi biji matang. Biji tersebut tetap, yaitu sesuai untuk perkecambahan. Di dalam biji yang matang, endosperma makanan telah terdiferensiasi menjadi lapisan terluar sel (aleuron) dan massa sel terdalam bertepung. Sel sel aleuron menyintesis enzim amilase. Enzim tersebut dapat mengubah cadangan zat pati didalam endosperma menjadi gula yang dapat digunakan oleh embrio.
D.      Perkecambahan
Perkecambahan adalah proses pertumbuhan embrio dan komponen-komponen biji yang memiliki kemampuan untuk tumbuh secara normal menjadi tumbuhan baru. Komponen biji tersebut adalah bagian kecambah yang terdapat didalam biji, misalnya radikula dan plumula.
Tahapan perkecambahan
Perkembangan bij berhubungan dengan aspek kimiawi. Proses tersebut meliputi beberapa tahapan, antara lain imbibisi, sekresi hormon dan enzim, hidrolisis cadangan makanan, pengiriman bahan makanan terlarut dan hormone ke daerah titik tumbuh atau daerah lainnya, serta asimilasi (fotosintetis).
Proses penyerapan cairan pada biji (imbibisi) terjadi melalui mikropil. Air yang masuk kedalam kotiledon membengkak. Pembengkakan tersebut pada akhirnya menyebabkan pecahnya testa.
Awal perkembangan disahului aktifnya enzim hidrolase (protease, lipase, dan karbohidrase) dan hormone pada kotiledon atau endosperma oleh adanya air. Enzim protease segera bekerja mengubah molekul protein menjadi asam amino. Asalm amino digunakan untuk membuat molekul protein baru bagi membrane sel dan sitoplasma. Timbunan pati di uraikan menjadi maltosa kemudian menjadi glukosa. Sebagian glukosa akan diubah menjadi selulosa, yaitu bahan untuk membuat dinding sel bagi sel sel yang baru. Bahan makanan terlarut berupa maltosa dan asam amino akan berdifusi ke embrio.
Semua proses tersebut memerlukan energi. Biji memperoleh energi melalui pemecahan glukosa saat proses respirasi. Pemecahan glukosa yang berasal dari timbunan pati menyebabkan biji kehilangan bobotnya. Setelah beberapa hari, plumula tumbuh di atas permukaan tanah. Daun pertama membuka dan mulai melakukan fotosintesis.
Macam perkecambahan
§   Perkecambahan Epigeal
Perkecambahan epigeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang di bawah daun lembaga atau hipokotil sehingga mengakibatkan daun lembaga dan kotiledon terangkat keatas tanah, misalnya pada kacang hijau. Perkecambahan ini umumnya terjadi pada biji tanaman Dicotyledoneae (kecuali kacang kapri), contoh: kacang hijau, kacang kedelai, kapas.
§   Perkecambahan Hipogeal
Perkecambahan hipogeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang teratas (epikotil) sehinga daun lembaga ikut tertarik keatas tanah, tetapi kotiledon tetap di dalam tanah. Umumnya terjadi pada biji monocotyleddoneae, contoh: Jagung, padi. dan Dicotyledoneae yaitu hanya kacang kapri.

Pada akhir perkecambahan terbentuk akar, batang dan daun. Selanjutnya, tumbuhan mengalami pertumbuhan, Macamnya yaitu:
1)        Pertumbuhan primer
Adalah pertumbuhan yang memanjang baik yang terjadi pada ujung akar maupun ujung batang (meristem primer). Berlangsung pada embrio, embrio dibedakan menjadi 3 bagian penting yaitu:
a.    Tunas embrionik, yaitu calon batang dan daun
b.    Akar embrionik, yaitu calon akar
c.    Kotiledon, yaitu cadangan makanan
Pertumbuhan primer pada ujung akar dan ujung batang dapat dibedakan menjadi 3 daerah yaitu:
§  Daerah pembelahan sel, terdapat di bagian ujung akar. Sel sel di daerah ini aktif membelah (bersifat meristematik) 
§  Daerah perpanjangan sel, terletak di belakang daerah pembelahan. Sel sel di daerah inimemiliki kemampuan untuk membesar dan memanjang.
§  Daerah diferensiasi sel, merupakan daerah yang sel selnya berdiferensiasi menjadi sel sel yang mempunyai fungsi dan struktur khusus.
2)        Pertumbuhan sekunder
Pertumbuhan sekunder terjadi akibat aktivitas pembelahan mitosis pada jaringan meristem sekunder (lateral) sehingga mengakibatkan diameter batang dan akar bertambah besar. Meristem lateral terbagi atas: Kambium vaskuler (terletak diantara xylem dan floem menyebabkan pembelahan sel kearah dalam membentuk xylem dan kearah luar membentuk floem. dan Kambium gabus (jaringan pelindung yang menggantikan fungsi jaringan epidermis yang rusak/ mati). Pertumbuhan sekunder terjadi pada tumbuhan dikotil.
E.       Faktor faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan
A.       Faktor Eksternal
1.        Makanan (Zat Hara)
Makanan adalah sumber energi dan sumber materi untuk menyintesis berbagai komponen sel. Nutrien yang dibutuhkan tumbuhan bukan hanya karbon dioksida dan air, tetapi juga unsur unsur lainnya. Karbon dioksida diabsorpsi oleh daun, sedangkan air dan mineral diserap oleh akar.
Makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan terdiri dari unsur makro dan mikro yang masing masing terdiri atas 9 unsur makro dan 8 unsur mikro. Makronukrien (unsure makro/butuh dalam jumlah banyak). Misalnya: C, H, O [defisiensi: Pertumbuhan dan metabolisme terhambat,  akhirnya mati], N (Nitrogen) [defisiensi: Daun pucat, klorosis/menguning dan gugur), P (Fosfor), K (Kalium), Ca (Kalsium), S (Sulfur), Mg (Magnesium).
1.        Nitrogen (N), peranannya:
§  Merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman hingga tumbuhnya anakan.
§  Membuat tanaman lebih hijau karena banyak mengandung butir hijau daun.
§  Merupakan bahan penyusun klorofil, lemak, dan protein.
2.        Fisfor (P), peranannya:
§  Memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistem perakaran yang lebih baik
§  Mempercepat pembungaan dan pemasakan buah iji, atau gabah.
§  Memperbesar persentase pembentukan bunga menjadi buah.
§  Sebagai bahan penyusun inti sel lemak dan protein.
3.        Kalium (K), perananya:
§  Memperlancar fotosintesis.
§  Membantu pembentukan protein dan hidrat arang.
§  Sebagai katalisator dalam transformasi tepung, gula, dan lemak tanaman.
§  Mengeraskan jerami dan bagian kayu dari tanaman.
§  Meninggikan kualitas rasa dan warna dari buah dan bunga.
§  Meninggikan daya tahan tanaman terhadap serangan hama, penyakit dan kekeringan.
§  Mempercepat pertumbuhan jaringan merismatik.
4.        Magnesium (Mg), perananya:
§  Merupakan bahan penyusun klorofil.
§  Mengaktifkan enzim yang berperan pada metabolisme karbohidrat.
§  Menaikkan kadar minyak pada berbagai tanaman penghasil minyak.
5.        Kalsium (Ca), perananya:
§  Merangsang pembentukan bulu-bulu akar dan biji bijian.
§  Mengeraskan jerami dan bagian kayu tanaman.
6.        Belerang (S), peranannya:
§  sebagai penyusun utama ion fosfat.
§  Menambah kandungan protein dan vitamin.
§  Membentuk bintil akar tanaman kacang kacangan dan butir hijau daun.
Mikronutrien (unsure mikro/butuh dalam jumlah sedikit). Misalnya : Fe (Besi) [Klorosis], Cl (Klor) [layu], B (Boron), Mn (Mangan), Mo (Molibdenum), Zn (Seng), Cu (Tembaga).
7.        Klor (Cl) peranannya:
§  Meningkatkan kuantitas dan kualitas tanaman.
8.        Besi (Fe), peranannya:
§  Membentuk klorofil.
9.        Mangan (Mn), peranannya:
§  Menyusun klorofil dan proses fotosintesis.
§  Mearngsang perkecambahan biji dan pemasakan buah.
10.    Tembaga dan Seng (Cu dan Zn), peranannya:
§  Mengatur sistem enzim tanaman dan membentuk klorofil.
§  Diperlukan pada tanah alkalis dan organik.
11.    Boron (B), peranannya:
§  Meningkatkan kualitas dan kuantitas sayur dan membentuk klorofil.
§  Meningkatkan produksi biji bijian pada tanaman dan kacang kacangan.
12.    Molibdenum (Mo), peranannya:
§  Membantu proses Fiksasi N untuk tanaman kacang kacangan, jeruk, dan sayur mayur.
2.        Suhu atau Temperatur
Untuk proses tumbuh dan perkembangan, tumbuhan memerlukan suhu yang sesuai. Suhu tersebut disebut suhu optimum. Suhu paling rendah   yang masih memungkinkan pertumbuhan disebut suhu minimum. Sedangkan suhu paling tinggi yang masih memungkinkan pertumbuhan disebut suhu maksimum.
Jenis tumbuhan satu dengan yang lain memiliki suhu minimum, suhu optimum, dan suhu maksimum yang berbeda beda. Bagi tumbuhan suhu lingkungan   berpengaruh terhadap aktivitas kerja enzim. Umumnya tumbuhan tidak tumbuh di bawah suhu 0°C dan di atas 40°C . Kisaran suhu masih memungkinkan tumbuh dengan baik adalah 22°C 37°C.
3.        Air
Tanpa air, tumbuhan tidak akan tumbuh. Air merupakan senyawa utama yang sangat dibutuhkan oleh tanaman yang berfungsi sebagai komponen pembantu proses fotosintesis.
Fungsi lain dari air yaitu, mengaktifkan reaksi enzimatik, menjaga kelembapan dan membantu perkecambahan biji tanaman baik pada biji tanaman monokotil maupun dikotil.
4.        Cahaya
Banyaknya cahaya yang dibutuhkan tidak selalu sama pada setiap tumbuhan, umumnya cahaya menghambat pertumbuhan meninggi, karena cahaya dapat menguraikan auksin (hormon pertumbuhan). Pada tempat yang gelap tumbuhan akan lebih cepat tinggi daripada tempat yang terang. Pertumbuhan yang cepat di tempat gelap disebut etiolasi.
Fotoperiodisme adalah Respon tumbuhan terhadap lama penyinaran (panjang hari). Berdasarkan panjang hari, tumbuhan dapat dibedakan menjadi empat macam, hal ini ada hubungannya dengan hormon fitokrom dalam tumbuhan (protein dalam kromatofora yang mirip fikosianin), macamnya yaitu:
a.    Tumbuhan hari pendek, tumbuhan yang berbunga jika terkena penyinaran kurang dari 12 jam sehari. Tumbuhan hari pendek contohnya aster, krisan,dahlia, ubi jalar, kedelai, dan anggrek.
b.    Tumbuhan hari panjang, tumbuhan yang berbunga jika terkena penyinaran lebih dari 12 jam (14 – 16 jam) sehari. Tumbuhan hari panjang, contohnya bayam, kentang, gandum, kol, bit gula, selada, dan tembakau.
c.    Tumbuhan hari netral, tumbuhan yang tidak responsive terhadap panjang hari untuk pembungaannya. Tumbuhan hari netral contohnya  bunga matahari. mawar, kapas, mentimun dan tomat.
5.        Kelembaban
Pengaruh kelembaban udara berbeda beda terhadap berbagai tumbuhan, tanah dan udara yang lembap berpengaruh baik bagi tumbuhan. Kondisi lembap menyebabkan banyak air yang diserap tumbuhan dan lebih sedikit yang dikeluarkan.
6.        Oksigen
Oksigen mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan. Dalam respirasi aerob pada tumbuhan, terjadi penggunaan oksigen untuk menghasilkan energi. Energi ini digunakan, antara lain untuk pemecahan kulit biji dalam perkecambahan, dan aktivitas tumbuhan. Apabila tumbuhan kekurangan Oksigen dapat mengalami kematian.
7.        pH medium (Tingkat keasaman)
Derajat keasaman tanah (pH tanah) sangat berpengaruh terhadap ketersediaan unsur hara yang diperlukan oleh tumbuhan. Pada kondisi pH tanah netral unsur-unsur yang diperlukan, seperti Ca, Mg, P, K cukup tersedia. Adapun pada pH asam, unsur yang tersedia adalah Al, Mo, Zn, yang dapat meracuni tubuh tumbuhan.
B.       Faktor Internal
1.      Gen
Gen berperan dalam pengendalian metabolisme zat di dalam sel, misalnya proses sintesis protein. Protein merupakan komponen dasar penyusun tubuh makhluk hidup termasuk tumbuhan. Dengan demikian gen dapat mengatur pola pertumbuhan dengan cara menurunkan sifat-sifatnya dan sintesis-sintesis yang dikendalikannya, Sehingga genetis tanaman satu dengan yang lainnya akan memiliki pola pertumbuhan yang berbeda akibat susunan gen yang berbeda beda.
2.      Hormon
Hormon ialah regulator pertumbuhan yang sangat esensial, yang dibuat pada satu bagian tumbuhan sedangkan respon pertumbuhan terjadi terhadap hormon di bagian tumbuhan lainnya, misalnya di akar, batang dan daun. Hormon pertumbuhan (fitohormon) yang telah dikenal antara lain auksin, sitokinin, dan giberilin.
a.    Auksin
Istilah auksin berasal dari bahasa Yunani auxein yang artinya meningkatkan. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Fritts Went, seorang mahasiswa pascasarjana dari Belanda tahun 1926. Beberapa pengaruh auksin terhadap pertumbuhan antara lain :
1.        Merangsang perpanjangan sel.
2.        Merangsang pembentukan bunga dan buah.
3.        Merangsang pemanjangan titik tumbuh.
4.        Mempengaruhi pembengkokan batang.
5.        Merangsang pembentukan akar lateral.
6.        Merangsang terjadinya proses diferensiasi.
b.    Giberelin
Hormon Giberelin pertama kali ditemukan di Jepang tahun 1930. Penemuan itu merupakan hasil penelitian tentang penyebab tanaman padi tumbuh sangat tinggi. Tanaman padi tersebut tidak mampu tumbuh tegak dan akhirnya mati.
Hal ini dikarenakan lemahnya batang dan rusak oleh parasit. Ternyata penyebab penyakit tersebut adalah cendawan Gibberella fujikuroi. Beberapa pengaruh hormon Giberelin adalah:
1.        Memacu pertumbuhan batang.
2.        Merangsang perkecambahan biji dan tunas.
3.        Merangsang pembungaan lebih awal sebelum waktunya.
4.        Merangsang perkembangan buah tanpa biji (partenokarpi).
5.        Merangsang tanaman tumbuh sangat cepat sehingga mempunyai ukuran raksasa.
c.    Sitokinin
Hormon sitokinin pada dasarnya suatu senyawa yang merangsang proses sitokinesis (pembelahan sel). bersama auksin yang mempengaruhi pembelahan sel atau sitokinesis. Sitokin diperoleh dari ragi santan kelapa, ekstrak buah apel, dan dari jaringan tumbuhan yang aktif membelah. Sitokinin yang pertama kali ditemukan ialah kinetin. Beberapa fungsi sitokinin adalah:
1.        Merangsang proses pembelahan sel.
2.        Menunda pengguguran daun, bunga, dan buah.
3.        Mempengaruhi pertumbuhan tunas dan akar.
4.        Meningkatkan daya resistensi terhadap pengaruh yang merugikan seperti suhu rendah, infeksi virus, pembunuh gulma, dan radiasi.
5.        Menghambat (menahan) menguningnya daun dengan jalan membuat kandungan protein dan klorofil yang seimbang dalam daun (senescens).
d.   Asam Absisat
Zat ini merupakan zat penghambat tumbuh yang umum dijumpai pada tumbuhan. Zat dijumpai pada semua tumbuhan tingkat tinggi, beberapa jenis jamur, beberapa jenis lumut, ganggang hijau, namun tidak ditemukan pada bakteri. Beberapa fungsi lainnya yaitu:
1.        Menghambat perkecambahan biji.
2.        Mempengaruhi pembungaan tanaman.
3.        Memperpanjang masa dormansi umbi umbian.
4.        Mempengaruhi pucuk tumbuhan untuk melakukan dormansi.
e.    Gas Etilen
Gas etilen adalah gas atau uap yang dihasilkan oleh buah yang sudah tua. Pada tahun 1934, R. Gane berhasil membuktikan bahwa etilen disintesis oleh tanaman dan berperan mempercepat pematangan buah, merangsang pembungaan, merangsang penuaan dan pengguguran daun serta menghambat pemanjangan batang. Beberapa fungsi lainnya yaitu:
1.        Membantu memecahkan dormansi pada tanaman, misalnya pada ubi dan kentang.
2.        Mendukung pematangan buah.
3.        Mendukung terjadinya abscission (pelapukan) pada daun.
4.        Mendukung proses pembungaan.
5.        Menghambat pemanjangan akar pada beberapa spesies tanaman dan dapat menstimulasi pemanjangan batang.
6.        Menstimulasi perkecambahan.
7.        Mendukung terbentuknya bulu-bulu akar.
f.     Asam traumalin (hormon luka)
Tanaman mampu memperbaiki kerusakan atau luka yang terjadi pada tubuhnya. Kemampuan tersebut dinamakan regenerasi yang dipengaruhi oleh hormon luka.
g.    Kalin
Kalin merupakan hormon yang mempengaruhi pembentukan organ.
1.        Rhizokalin, mempengaruhi pembentukan akar.
2.        Kaulokalin, mempengaruhi pembentukan batang.
3.        Filokalin, mempengaruhi pembentukan daun.
4.        Antokalin, mempengaruhi pembentukan bunga.



BAB III
METODE PENELITIAN
A.      Alat dan Bahan
1.      Biji Padi secukupnya
2.      Biji Kacang tanah secukupnya
3.      Tanah yang sudah diberi pupuk
4.      Label (Plester Label)
5.      Air Secukupnya
6.      Kardus
7.      Gelas aqua secukupnya
B.       Cara Kerja
1.      Merendam sebagian kacang tanah satu hari satu malam dengan menggunakan air.
2.      Menuangkan tanah yang sudah diberi pupuk ke dalam gelas aqua sebanyak setengah bagian.
3.      Menempatkan masing – masing 3 biji padi pada 3 gelas aqua.
4.      Menempatkan masing – masing 2 biji kacang tanah yang sudah direndam satu hari satu malam pada 3 gelas aqua.
5.      Menempatkan masing – masing 3 biji kacang tanah kering pada 3 gelas aqua.
6.      Menutupi biji – biji yang sudah ditempatkan di gelas aqua tersebut dengan menggunakan tanah sedikit demi sedikit.
7.      Menyiram biji – biji yang sudah ditempatkan di gelas aqua tersebut dengan menggunakan air secukupnya.
8.      Memberi label pada setiap gelas aqua agar mudah dibedakan.
9.      Menempatkan gelas – gelas aqua tadi ke tempat yang terkena sinar matahari tidak secara langsung.
10.  Mengamati perkecambahan pada biji – biji tersebut.
11.  Menyiram tanaman tersebut secara rutin setiap hari.
12.  Setelah tanaman tersebut muncul daunnya, memindahkan 1 gelas yang berisi tanaman padi, 1 gelas yang berisi kacang tanah kering, 1 gelas yang berisi kacang tanah rendam ke dalam kardus tertutup. Dan memindahkan 1 gelas yang berisi tanaman padi, 1 gelas yang berisi kacang tanah kering, 1 gelas yang berisi kacang tanah rendam ke dalam kardus yang disebelah kanannya dilubangi dengan diameter 5 cm.
13.  Mengamati pertumbuhan dari ke–sembilan tanaman tersebut.
14.  Menuliskan data pertumbuhan dari ke–sembilan tanaman tersebut pada tabel pengamatan.
C.      Waktu Percobaan
Diawali pada hari Rabu, 28 Agustus 2013 dan diakhiri pada hari Selasa, 17 September 2013.
 

BAB IV
ANALISIS DATA
A.       Hasil Percobaan
Tanaman
Hari ke
Nama
NO.
0
1
2
3
4
5
6
7
Padi (ditutup, dilubangi)
1a.
0
0
0,8
1,6
MINGGU
3
3,5
7
1b.
0
0
0
0,7
1,8
2
3,1
Padi (tidak ditutup)
2a.
0
0
0,3
1
2,4
3
5,7
2b.
0
0
0
0,1
0,7
1
1,3
Kacang rendam
0
0
0
0
0
0
0

Tanaman
Hari ke
Nama
NO.
8
9
10
11
12
13
14
15
Padi (ditutup, dilubangi)
1a.
10,2
12,5
13
MINGGU
13,1
13,2
13,2
13,2
1b.
4
5,5
7
8,3
8,5
8,5
8,5
Padi (tidak ditutup)
2a.
8
10,5
10,7
11
11,1
11,1
11,1
2b.
1,7
2
2,8
3,5
4
5,2
6,1
Kacang rendam
0
0
0
0
0,2
0,5
1

Tanaman
Hari ke
Nama
NO.
16
17
18
19
20
Padi (ditutup, dilubangi)
1a.
13,2
13,2
MINGGU
13,2
13,2
1b.
8,5
8,5
8,5
8,5
Padi (tidak ditutup)
2a.
11,9
12,1
13
13,5
2b.
7
8,7
10
10,7
Kacang rendam
2,3
3,7
5,8
7,3
Keterangan:
1.      Panjang (tinggi tanaman) dalam cm.
B.       Pembahasan
Tipe perkecambahan biji kacang tanah adalah perkecambahan epigeal, karena terjadi pertumbuhan memanjang dari hipokotil yang menyebabkan plumula dan kotiledon terdorong ke permukaan tanah, serta kotiledon berada di atas tanah. Tipe perkecambahan biji padi adalah perkecambahan hipogeal, karena terjadi pertumbuhan memanjang dari epikotil yang menyebabkan plumula keluar menembus kulit biji dan muncul di atas tanah, serta kotiledon berada di dalam tanah. Tanaman yang ditempatkan di tempat terang arah tumbuhnya ke arah matahari (tegak lurus) sedangkan tanaman yang ditempatkan di tempat gelap batangnya menjadi bengkok karena menuju sinar matahari.
Pertumbuhan Kacang Tanah dan Padi di Tempat Gelap
Pada tempat yang gelap,  kacang tanah dan padi tidak mendapatkan cahaya matahari sama sekali, akibatnya hormon auksin yang terdapat pada biji kacang tanah dan padi menjadi sangat aktif dan bekerja secara optimal. Hal itu  menyebabkan pertumbuhan kacang tanah dan padi menjadi sangat cepat namun kurang merata. Sehingga batangnya lemah dan warnaya kekuning kuningan Akibatnya, batang tanaman akan lebih panjang jika ditanam di tempat yang gelap, tetapi dengan kondisi fisik tanaman yang kurang sehat, akar yang banyak dan lebat, batang terlihat kurus tidak sehat (lemah), warna batang dan daun pucat serta kekurangan klorofil sehingga daun berwarna kekuningan. Peristiwa ini disebut etiolasi.
Pertumbuhan Kacang Tanah dan Padi di Tempat Terang
Pada tempat yang terang, kacang kacang tanah dan padi mendapat cahaya dengan intensitas yang sangat besar, akibatnya pertumbuhan kacang tanah dan padi akan lambat, karena sebagian besar hormon auksin terurai oleh sinar matahari. Akibatnya, pertumbuhan kacang tanah dan padi ditempat gelap cenderung bengkok, batang tanaman akan lebih pendek, tetapi dengan kondisi fisik tanaman yang sehat, subur, batang terlihat gemuk dan kuat, daun terlihat segar dan berwarna hijau karena mendapatkan cahaya yang cukup untuk fotosintesis serta memiliki cukup klorofil.

Dalam percobaan yang kami lakukan, kami tidak mengamati tanaman padi yang ditutup kardus, tanaman kacang tanah rendam yang ditutup kardus, tanaman kacang tanah rendam yang ditutup kardus dan dilubangi karena pada percobaan kami, tanaman tersebut dicabut oleh seseorang pada hari ke 7.
Dalam percobaan yang kami lakukan, kami tidak mengamati tanaman kacang kering baik tanaman kacang kering yang ditutup kardus, ataupun tanaman kacang kering yang ditutup kardus dan dilubangi, maupun tanaman kacang kering yang tidak ditutup, karena pada percobaan kami, tanaman tersebut telah membusuk dan mati. Menurut kelompok kami, hal ini disebabkan karena kurang rutinnya dalam menyiram tanaman tersebut serta disebabkan karena kelebihan pupuk.
Dalam percobaan yang kami lakukan, salah satu kacang tanah yang direndam satu hari satu malam, baru tumbuh pada hari ke 13. Menurut kelompok kami, hal ini disebabkan karena pada hari – hari sebelumnya, hormon perkecambahan belum aktif, dan pada hari ke 13 hormon perkecambahan baru aktif.



BAB V
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa kesimpulan yang dapat diambil, diantaranya:
1.       Tipe perkecambahan biji kacang tanah adalah perkecambahan epigeal, dan tipe perkecambahan biji padi adalah perkecambahan hipogeal.
2.   Tanaman yang ditempatkan di tempat terang arah tumbuhnya ke arah matahari (tegak lurus) sedangkan tanaman yang ditempatkan di tempat gelap batangnya menjadi bengkok karena menuju sinar matahari.
3.    Cahaya merupakan factor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Tanaman yang berada di tempat gelap, akan tumbuh lebih cepat daripada tanaman yang berada di tempat yang terang. Karena di tempat gelap, tanaman tidak mendapatkan cahaya matahari sehingga hormon auksin (hormon pertumbuhan) yang terdapat pada biji bekerja secara optimal. Sedangkan di tempat terang, tanaman mendapatkan cahaya matahari sehingga hormon auksin (hormon pertumbuhan) terurai.
B.       Saran
Saran peneliti mengenai penelitian ini, yang ditujukan kepada beberapa pihak, antara lain:
1.         Semua warga sekolah maupun bukan warga sekolah, sebaiknya tidak mencampuri kepentingan individu maupun kelompok, karena dapat mengakibatkan dampak negatif bagi individu maupun kelompok tersebut. Sebagai contoh, seseorang tidak boleh mencabut tanaman yang ditanam oleh sisiwa dalam rangka memenuhi Tugas Praktikum Biologi meskipun dengan niat yang baik karena dapat merugikan siswa tersebut.


DAFTAR PUSTAKA
Chaerani, Nur. 2013. Laporan Penelitian Pengaruh Cahaya terhadap Pertumbuhan Tanaman, Dalam http://nurchaeranib.blogspot.com/2013/08/laporan-penelitian-pengaruh-cahaya.html. Diunduh pada tanggal 28 September 2013 pukul 16:37 WIB.
Bazlinah, Zia. 2012. Laporan Praktikum Pertumbuhan Biji Kacang Hijau, Dalam http://ziabazlinah.blogspot.com/2012/08/laporan-praktikum-pertumuhan-biji.html. Diunduh pada tanggal 28 September 2013 pukul 16:22 WIB.

Lestari, Sri. 2012. Tugas Biologi Sma, Dalam http://yanggaulyangrajin.blogspot.com/p/tugas-kimia-sma_7767.html. Diunduh pada tanggal 28 September 2013 pukul 16:28 WIB.

Naufal, Muhammad Faris. 2013. Laporan Pengamatan “Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Kacang Hijau”, Dalam http://farischarming.wordpress.com/2013/08/31/laporan-pengamatan-pengaruh-cahaya-terhadap-pertumbuhan-dan-perkembangan-kacang-hijau/. Diunduh pada tanggal 28 September 2013 pukul 16:29 WIB.

______. 2011. Laporan Praktikum Pengamatan Perkecambahan ( Jagung & Kacang Hijau ), Dalam http://eimitcle.wordpress.com/2011/12/12/laporan-praktikum-pengamatan-perkecambahan-jagung-kacang-hijau/. Diunduh pada tanggal 28 September 2013 pukul 16:30 WIB.

Yasih, Fitri. 2012. Laporan Perkecambahan Kacang Hijau, Dalam http://kecambahkacanghijau.blogspot.com/2012/09/laporan-perkecambahan-kacang-hijau.html. Diunduh pada tanggal 28 September 2013 ‏‎pukul 16:35 WIB.
Nurcholis, M. 2013. Praktikum Biologi, Dalam http://mnurcholisnabylateman.blogspot.com/2013/04/praktikum-biologi.html. Diunduh pada tanggal ‎28 September ‎2013 ‏‎pukul 16:31 WIB.
Nurfarida, Tika. 2012. Contoh Laporan Biologi "Pertumbuhan Biji Kacang Hijau", Dalam http://tika-nurfarida.blogspot.com/2012/09/contoh-laporan-biologi-pertumbuhan-biji.htmlhttp://tika-nurfarida.blogspot.com/. Diunduh pada tanggal ‎28 September ‎2013 ‏‎pukul 16:20 WIB.
Yayan, Vice. 2013. Contoh laporan praktikum Biologi (Pengaruh cahaya terhadap tumbuhan), Dalam http://dedrosa13.blogspot.com/2013/04/contoh-laporan-praktikum-biologi.html. Diunduh pada tanggal ‎28 September ‎2013 ‏‎pukul 16:37 WIB.
Irfan, Muhammad. 2011. Pengamatan Perkecabahan Tumbuhan, Dalam http://bluestar-via.blogspot.com/2011/12/pengamatan-perkecambahan-tumbuhan.html. Diunduh pada tanggal ‎28 September ‎2013 ‏‎pukul 16:29 WIB.
Arda, Khaeriani Kurnia. 2012. Pertumbuhan Kacang Hijau by Khaeriani, Dalam http://khaerianikurnia.blogspot.com/2012/11/pertumbuhan-kacang-hijau-by-khaeriani.html. Diunduh pada tanggal ‎28 September ‎2013 ‏‎pukul 16:17 WIB.



LAMPIRAN
I.         GAMBAR ALAT DAN BAHAN
Biji Padi secukupnya

Biji Kacang tanah secukupnya
 
Tanah yang sudah diberi pupuk

Label (Plester Label)

Air Secukupnya

Kardus

Gelas aqua secukupnya


II.      FOTO KEGIATAN PRAKTIKUM
 
Memasukkan tanah ke dalam gelas aqua sebanyak setengah bagian
 
Gelas aqua yang sudah diisi dengan tanah

Memasukkan biji kacang tanah yang sudah direndam satu hari satu malam ke dalam gelas aqua
 
Memasukkan biji tanaman ke dalam gelas aqua
 
Memasukkan biji tanaman ke dalam gelas aqua

Memasukkan biji tanaman ke dalam gelas aqua
 
Menambahkan tanah ke dalam gelas aqua sedikit demi sedikit hingga biji tertutup oleh tanah

Menambahkan tanah ke dalam gelas aqua sedikit demi sedikit hingga biji tertutup oleh tanah

Tanah yang sudah diberi biji tanaman dan sudah diberi label

Tanah yang sudah diberi biji tanaman dan sudah diberi label

Menyiram biji dengan menggunakan air sedikit demi sedikit

Kegiatan penyiraman tanaman yang dilakukan setiap hari

Kegiatan penyiraman tanaman yang dilakukan setiap hari

Tanaman padi pada hari ke 5
Tanaman Padi pada hari ke 5

Tanaman Kacang Tanah rendam pada hari ke 5
 
Tanaman kacang tanah (rendam) pada hari ke 5

Tanaman kacang tanah pada hari ke 6
 
Tanaman padi pada hari ke 6

Tanaman padi pada hari ke 6

Tanaman padi pada hari ke 6

Tanaman padi pada hari ke 6

Tanaman kacang tanah (rendam) pada hari ke 6

Tanaman kacang tanah (rendam) pada hari ke 6

Tanaman kacang tanah (rendam) pada hari ke 6

Tanaman padi (ditutup kardus dan dilubangi) pada hari ke 8
 
Tanaman padi (ditutup kardus dan dilubangi) pada hari ke 10

Tanaman kacang tanah (rendam) pada hari ke 16




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer